Kami melayani jasa RAB Arsitek, Sipil, maupun MEP khususnya untuk para pemborong yang butuh bantuan dalam merancang anggaran biaya proyek yang baru didapat, tentunya dengan harga yang murah, harga dari kami mulai dari 100 ribu per lembar A4. Kami juga bersedia ikut mengawal proyek anda dengan mensuport laporan mingguan, bulanan dan scheduling proyek anda.

Jika anda adalah pemborong yang sedang bimbang mau rekrut tim untuk mengawal proyek anda, anda sedang dilema takut untuk merekrut orang bulanan karena proyek yang tidak menentu, kami bisa bantu anda dari segi administrasi proyek yang meliputi pembuatan RAB  salah satunya. Dengan pengalaman admin yang sudah lebih dari 5 tahun  di dunia proyek, dari yang hanya jadi Drafter Estimator, Site Engineer, Supervisor, Keuangan & Logistic, sampai jadi Site Manager pernah admin alami. Maka dari itu biarkan tim kami membantu anda untuk mensukseskan proyek yang sedang anda kerjakan. Tentunya item-item pekerjaan RAB Arsitek, Sipil sampai MEP sudah admin kuasai, siap sepenuhnya mensuport anda.

Jasa RAB Murah Arsitek

Contoh Format RAB Pekerjaan Rumah Tinggal

Jenis Item Pada RAB Arsitek, Sipil dan MEP

Tentunya Item pekerjaan pada RAB Arsitek, Sipil dan MEP banyak sekali jenisnya. Semakin hari semakin banyak penemuan-penemuan jenis material yang bisa digunakan untuk kepentingan bangunan. Perusahaan material kontruksi berlomba untuk menemukan material yang tentunya murah namun kualitas tetap bisa dijaga. Kita tinjau saja dari material atap, dari yang awalnya Cuma ada genteng tanah liat dan seng gelombang, sekarang ada genteng press, genteng press beton, atap galvalume, zincalume, zincalume pasir, atap rooftop, polycarbonat, dst. Dan hal ini akan berkembang terus seiring berjalannya waktu, karena manusia tidak akan pernah berhenti membangun ataupun renovasi. Itu baru item pekerjaan penutup atap, belum masalah sipil kontruksi, finishing arsitektur, sampai jenis-jenis pipa dan kabel untuk MEP. Kami akan bantu membuatkan RAB untuk anda, segera tekan tombol chat dan pelajari selengkapnya jasa RAB murah dari kami.

RAB Sipil dan Segala Macam Item Pekerjaannya

Pekerjaan sipil adalah pekerjaan yang bisa dibilang pekerjaan umum yang mudah dipelajari orang, untuk menguasainya diperlukan Latihan dan Latihan. Ibarat dokter, tukang sipil adalah dokter umum, yang bisa menangani gejala-gejala umum pada pasiennya seperti mencret, demam, flu, badan drop, tipes, dll. Hanya butuh 1 – 2 proyek bagi seorang kenek untuk bisa mencapai tahap tukang. Tentunya hal ini tidak berlaku untuk semua orang, tergantung tangkat kecerdasan dan tingkat pemahamannya.

Pekerjaan sipil ini bisa dibilang yang paling banyak bobot atau porsi pekejaannya dibandingkan dengan pekerjaan arsitektur dan MEP. Maka dari itu beda dengan RAB arsitek item pekerjaan pada RAB Sipil ini sangat komplek dan lumayan tricky untuk dikerjakan. Kenapa tricky, karena RAB jenis ini yang paling banyak jenis satuannya, mulai dari meter lari, meter persegi, meter kubik, kilogram, bahkan kalau kita kesulitan mengurainya kita pakai unit lumsump di beberapa jenis pekerjaan. Bahkan ada yang dikombinasi, seperti pada pekerjaan pengecoran yang melibatkan besi, cor dan bekisting. Dan jenis pekerjaannya juga banyak sekali, mulai dari galian, kebutuhan besi tulangan beton, pasangan batu kali, kebutuhan bata, semen, pasir, mortar, paku, bendrat, dll. Banyak sekali bahan yang harus diperhitungkan. Belum lagi kalau ada material – material terbaru yang beredar di pasaran yang harus segera kita pelajari agar bisa lebih menekan biaya pembangunan. Kami akan bantu membuatkan RAB untuk anda, segera tekan tombol chat dan pelajari selengkapnya jasa RAB murah dari kami.

Jasa RAB Murah Arsitek

Contoh RAB Pekerjaan Landscape

RAB Arsitek dan Segala Macam Item Pekerjaannya

Beda dengan RAB sipil, RAB arsitek tidak terlalu rumit dikerjakan, kebanyakan item pekerjaannya memakai satuan meter persegi, karena pada dasarnya pekerjaan arsitektural hanya meliputi finishing atau kulit luarnya saja. Namun jenis material yang digunakan tak kalah banyaknya jika dibandingkan dengan item pekerjaan pada RAB sipil. Kita sebutkan saja pekerjaan finishing dinding, ada model beton ekspos, kamprot, cat indoor, cat outdoor, cat mural, cat wash, keramik, granite tile, granit alam, marmer, lantai kayu,  wood panel, ukiran, wall moulding dan masih banyak item finishing lainnya. Tiap jenis finishing tentunya akan berbeda harga antara satu dan yang lainnya.

RAB arsitek selain mencakup finishing atau kulit bangunan juga bisa meliputi furnitur atau cabinet dengan segala macam material finishingnya mulai dari cat duco, hpl, taco sheet, melamin, plitur dan masih banyak material lainnya. Untuk menguasai semua item ini tentunya butuh pengalaman alias jam terbang. Kami akan bantu membuatkan RAB untuk anda, segera tekan tombol chat dan pelajari selengkapnya jasa RAB murah dari kami.

RAB MEP dan Segala Macam Item Pekerjaannya

Item pekerjaan MEP (Mechanical, Electrical, Plumbing) tidak seperti RAB arsitek, pekerjaan ini kurang begitu diperhatikan oleh kebanyakan orang pada umumnya, namun pekerjaan MEP mempunyai peranan penting pada sebuah bangunan. RAB MEP meliputi jaringan listrik, telepun, internet, pengamanan seperti CCTV dan alarm, hydrant, pipa air kotor, pipa air bekas pipa air hujan, dll.

Beda halnya dengan RAB arsitek, pekerjaan MEP ini tidak kelihatan dari sisi luar, tapi ada beberapa item pekerjaan MEP yang sangat penting untuk mensuport tampilan luar sebuah bangunan. Seperti misalnya lampu sorot, lampu LED strip, downlight, atau system pemipaan pada air mancur, air terjun artifisial, system irigasi vertical garden, dll.

Kesulitan dari penyusunan RAB MEP ini adalah menentukan jenis material atau speknya beserta ukuran – ukurannya yang begitu banyak, dan untuk menentukan ukurannya diperlukan disiplin ilmu dan pengalaman khusus di bidangnya. Kita ambil contoh saja ukuran kabel, ukuran kabel dari meteran listrik tentunya beda dengan kabel untuk distribusi aliran listrik ke setiap ruangan didalam bangunan, belum lagi masalah grouping nya, tiap outlet dan penerangan harus dibagi kedalam beberapa grup MCB guna untuk menghindari agar kabel tidak cepat panas demi keawetan dan keselamatan seluruh isi rumah. Tentunya kabel yang panas akan leleh dan berujung pada konsleting listrik dan worst case nya adalah bangunan bisa kebakaran. Kami akan bantu membuatkan RAB untuk anda, segera tekan tombol chat dan pelajari selengkapnya jasa RAB murah dari kami.

Fungsi RAB (Arsitek, Sipil dan MEP)

Kalau ditanya apa fungsi RAB tentunya jawaban umumnya adalah agar mengetahui biaya atau budget untuk membangun sebuah bangunan atau rumah tinggal. Namun selain hal diatas, RAB juga memiliki banyak fungsi penting lainnya, seperti:

  • Untuk mengetahui spek yang ditawarkan pemborong atau kontraktor.

Dengan adanya RAB (Arsitek, Sipil dan MEP) kita bisa ikut memantau spek apa yang ditawarkan untuk acuan kita jika berkunjung ke proyek.

  • Untuk mengatur cashflow yang diperlukan saat proyek berjalan per minggunya.

Melalui RAB (Arsitek, Sipil dan MEP) kita bisa pantau kebutuhan cash atau uang yang perlu dikeluarkan per minggunya saat proyek sedang berjalan, hal ini bisa dilakukan setelah RAB dikonversi menjadi schedule dan kurva S.

  • Untuk mempermudah scheduling.

RAB (Arsitek, Sipil dan MEP) juga bisa membantu scheduling, pekerjaan mana yang harus didulukan, pekerjaan mana yang bisa diparalel pekerjaannya, pembagian area untuk tiap – tiap vendor yang kita hire.

Kami akan bantu membuatkan RAB untuk anda, segera tekan tombol chat dan pelajari selengkapnya jasa RAB murah dari kami.

Jasa RAB Murah Arsitek

Contoh Proses Mendata Item dan Volume (Bill Of Quantity)

Siapa saja yang butuh Jasa RAB Arsitek, Sipil dan MEP

Menjawab pertanyaan diatas tentunya orang pada umumnya akan menjawab, ya pasti itu diperlukan oleh semua orang yang ada rencana untuk memiliki properti atau bangunan. Namun admin mempunyai jawaban yang berbeda. Jasa RAB ini sangat diperlukan oleh tiap pemborong dari yang pekerjaan kecil dibawah 100 juta sampai yang diatas 100 miliar. Seiring dengan berkembangnya teknologi, orang dengan mudahnya mengetahui spek – spek material yang diperlukan untuk bangunan mereka hanya melalui smartphone, untuk itu akan sangat penting sekali jika pemborong harus menyajikan RAB yang detail dan transparan kepada calon klien nya. Hal ini akan membantu pemborong untuk meyakinkan calon kliennya.

Kami akan bantu membuatkan RAB untuk anda, segera tekan tombol chat dan pelajari selengkapnya jasa RAB murah dari kami.

Leave a Comment