Sekarang ini banyak cara bagaimana dapat membuat rumah kelihatan rapi, elegan dan estetis. Satu diantaranya adalah dengan molding.

Molding

Wall molding

Molding atau juga sering dikenal dengan lis profil adalah sebuah dekorasi untuk ruangan ataupun fasad bangunan yang bentuknya memanjang. Secara gampangnya molding ini berbentuk tonjolan yang memanjang yang biasanya diaplikasikan pada dinding,  plafon, pilar rumah, dll. Pembuatan molding ini akan membutuhkan cetakan/molding, namun itu dilakukan di workshop atau pabriknya, jadi kalau kita beli sendiri, kita akan langsung dapatkan lonjoran dengan profil sesuai yang kita inginkan.

Dekorasi dengan molding kerap kita jumpai di beberapa rumah dengan style klasik, meskipun sekarang ini rumah dengan ide minimalis banyak juga yang memakai molding dengan bentuk yang lebih sederhana.

Material molding sendiri sangatlah banyak, yang paling sering dipakai adalah molding GRC yang kerap jadi ciri – khas rumah mewah dengan beraneka corak dan gambar, dan ada juga molding kayu yang kelihatan simpel tetapi menawan.

Kali ini admin akan share artikel mengenai bagaimana molding dapat membuat rumah kelihatan lebih rapi dan elegan.

Baca Juga ->Jasa Desain Taman Murah

1. Molding dapat memberikan perbaikan pada ruang

Molding

Molding bisa perbaiki dinding yang kurang rata/kurang siku

Molding disamping memiliki peranan sebagai dekorasi, molding juga bisa memberi perbaikan pada permukaan yang tidak rata. Sekurang – kurangnya dengan penempatan molding akan memberikan visual seakan permukaan itu rata. Permukaan yang tidak rata, tidak siku atau mungkin tidak simetris kerap kelihatan pada beberapa sudut seperti tepian dinding dan langit – langit, serta dinding dan lantai.

2.Ruangan terlihat mahal karena molding

Molding

Molding simpel namun terlihat mewah

Agar rumah Anda kelihatan mahal dan eksklusif, Anda dapat menerapkan tehnik wall moulding ini. Molding i umumnya ditaruh di pojok atau tepian dinding, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ditaruh di tengah dinding berbentuk seperti bingkai seolah – olah ada banyak lemari di ruangan anda. Anda dapat menerapkan beragam style loh, mulai dari model Victorian sampai beberapa bentuk minimalis sederhana.

3. Terlihat Rapi dengan molding GRC dan gypsum

Molding

Terlihat rapi dengan molding

Penempatan molding berguna juga untuk menutupi pertemuan antara dinding dan lantai supaya kelihatan rapi dan memudahkan pembersihan lantai rumah. Putuskan dulu Anda akan memakai molding kayu atau GRC, karena metode pemasangannya akan beda, terutama pada jenis lem nya.

4. Crown molding sebagai detail ruangan

Molding

Crown Molding

Melakukan renovasi rumah memang memerlukan ongkos yang cukup banyak. Nah, untuk menekan anggaran, Anda dapat percantik tempat tinggal Anda dengan menambahkan crown molding pada detil ruang. Misalnya menambah crown molding di atas pintu, di pojok ruang, atas jendela, hingga membuat ruang Anda kelihatan lebih artistik dengan aksen yang memikat. Tentunya hal ini akan lebih menarik daripada ruangan yang terkesan flat atau rata.

Anda bisa memilih desain yang trim – nya lebar, supaya hasilnya molding kelihatan terang, baik itu type molding crown, chair rails, serta ceiling beams.

Baca juga -> Jasa Pembuatan dan Pemasangan Mahkota Pilar

5. Putih untuk memperluas efek ruang molding

Molding

Terlihat luas dengan memasang molding

Molding di pojok ruangan tamu atau ruangan keluarga menjadi komponen penting yang membuat interior kelihatan mewah. Penempatan molding putih pada dinding ini misalnya, bisa berikan harmoni yang elok dalam menyatukan heterogenitas perabot dan furniture lain yang teratur dalam ruang yang luas.

6. Renovasi rumah dengan molding

Molding

Renovasi ruangan dengan molding

Bila Anda melakukan renovasi rumah dan punya niat mengganti  molding pasti Anda membutuhkan tenaga tukang untuk membantu Anda.

Tetapi bila Anda cuman ingin mengubah warna catnya, yang Anda butuhkan adalah amplas supaya kelihatan lebih rapi sebelum di cat.

Anda membutuhkan molding untuk renovasi rumah anda? Segera hubungi kami via email ataupun whatsapp di bawah!

7. Wall molding rumah minimalis

Molding

Molding minimalis

Bila kita menggunakan jasa penempatan wall molding, misalkan contoh panjang ruangnya 4 mtr. x 2 = 8. Bila 8 x 5 = 40 . Maka diprediksi satu dinding saja dapat di atas Rp5 juta.

Bila Anda beli bahan sendiri, prediksi harga bahan dan cat sekitaran Rp1.500.000an + tukang untuk memasangkan. Biaya setiap hari tukang sekitaran Rp150.000an . Maka, ketidaksamaan bujetnya memang lumayan jauh.

Bahan yang diperlukan untuk memasangkan wall moulding rumah minimalis ialah

  1. Alat ukur (meteran).
  1. Molding/list profile GRC.

– Ukuran 2 cm (15 tangkai).

– Ukuran 4 cm (5 tangkai).

  1. Gerinda / alat potong
  1. Semen dicampur air.
  1. Cat warna + kuas.
  1. Palu, paku dan kawat

8. Cara pasang wall molding rumah minimalis

  1. Langkah awal adalah mengukur tembok yang ingin dipasang wall moulding, lalu tandai dengan pulpen.
  2. Buat tembok menjadi kasar, bisa dengan menggunakan gerenda dengan posisi menyilang, atau dengan pahatan2 kasar. Hal ini diperlukan agar molding lebih merekat ke tembok, dan tidak gampang lepas.
  3. Kemudian potong molding dan kreasikan wall molding sesuai dengan selera Anda, lalu tempel molding pada dinding memakai campuran semen dan air. Jangan lupa menambahkan campuran diantara pertemuan molding dengan tembok supaya lebih rapi.
  4. Bila molding berukuran sangat lebar 15 – 25cm maka perlu penguat sementara, bisa dipakai paku di kedua sisi molding dan diikat menggunakan kawat.
  5. Setelah kering molding bisa diplamir dan kemudian cat molding itu dengan cat warna putih, atau warna apapun yang Anda sukai.

9. Ruang kecil dengan desain yang sederhana

Molding

Desain ruang kecil sederhana

Anda bisa juga menambah wallpaper pada tembok yang telah Anda pasang wall moulding, supaya penampilannya makin elok. Atau juga bisa hias dengan hiasan dinding atau cermin supaya ruangan terlihat luas.

Molding memiliki berbagai bentuk yang indah, dan sudah pasti kita memasang molding dengan maksud supaya ruangan tampak indah kan?

Yang menjadi tantangan selanjutnya ialah bagaimana mengkombinasikan molding supaya ruangan tidak nampak sempit dan kebanyakan detil aksesoris yang menyulitkan perawatannya.

10. Makin Elegan dengan Lukisan

Molding

Molding

Lukisan koleksi anda akan sangat cocok jika dipadukan dengan wall molding . Dengan sedikit memperhatikan tata letak pencahayaan di ruangan anda, maka itu akan terlihat begitu elegan. Jangan lupa didekatnya ditaruh furniture yang sepadan, agar ruangan makin terlihat eksotis.

11. Perpaduan Dengan Modern Style

Molding

Molding

Jika orang bicara molding, maka hal itu tak akan lepas dari image klasik atau tua dari molding itu sendiri. Akankah molding bisa dipadukan dengan style modern, tentunya hal ini bisa dipadukan. Tinggal bagaimana kita pintar – pintar memilih jenis dan bentuk dari molding itu sendiri. Molding dengan lebar 5 – 10 cm tentunya akan sangat cocok untuk ruangan dengan modern style.

12. Bagaimana Dengan Kontemporer

Molding

Molding

Apakah style molding harus mengikuti pakem kotak, simetris dan teratur? Dunia arsitektur terus mengalami perkembangan. Banyak macam style yang bisa dipilih untuk di implementasikan di rumah kita. Nah, molding yang kesannya klasik banget ini apakah bisa mengikuti perkembangan itu, dengan gaya kontemporer misalkan? Tentunya dengan kreatifitas, hal itu sangatlah mungkin terjadi, style klasik tapi ada feel kontemporer didalamnya.

Leave a Comment