Penting sekali untuk mengetahui harga borongan tukang bangunan per meter sebagai patokan harga agar kita tidak ditipuatau ditawari harga yang telalu tinggi oleh tukang yang mau mengerjakan rumah kita. Namun tak kalah pentingnya untuk mengetahui seberapa profesional dan bagaimana sikap atau attitude tukang tersebut, karena dalam jangka panjang hal ini akan sangat berpengaruh dalam berlangsungnya proyek. Karena sudah menjadi rahasia umum jika tukang di Indonesia tidak terlalu well educated, jadi kita harus pandai – pandai untuk memilihnya. Sebelum membahas berapa harga borongan tukang bangunan per meter, mari kita pelajari hal-hal yang bisa menentukan kualitas tukang tersebut.

Harga Borongan Tukang Bangunan per Meter

Pengerjaan bangunan tahap kontruksi

Pentingnya Mengetahui Harga Borongan Tukang Bangunan per Meter

Memiliki  rumah yang menarik dengan konsep yang sesuai  selera  merupakan impian  nyaris tiap orang.  selagi kalian memutuskan  untuk  membangun  sebuah  rumah, banyak hal  yang wajib kalian pikirkan  terlebih dulu. kalau mau membuat  rumah impian  yang cocok  atau sesuai dengan ekspektasi, salah satu yang hal yang mempengaruhi  ialah  kapasitas tukang bangunan yang kita pilih atau tunjuk untuk mengerjakan rumah kita. Tukang bangunan lah yang bakal menolong kalian mewujudkan  seluruh  konsep  bangunan yang di idamkan. Tanpa tukang rumah idaman kalian tidak bisa terwujud. Pemilihan tukang  juga akan berpengaruh terhadap hasil akhir atau kualitas pengerjaannya. Maka dari itu maka akan sangat penting sekali untuk kita bisa jeli memilih tukang bangunan ini, barulah kita bisa mengevaluasi cocok tidaknya kinerja dengan harga Borongan tukang bangunan per meter nya.

Pentingnya Sikap Jujur

Sikap jujur merupakan semacam perilaku yang sangat berarti ditanamkan dalam diri seseorang. Jujur atau tidaknya seseorang bisa kita lihat dari tiap jawaban dari pertanyaan yang kita berikan, orang yang bohong akan cenderung tidak konsisten akan jawabannya karena adanya kesalahan masa lalu yang ditutupi. Akan lebih baik kalau dia berkata jujur, sehingga kesalahan masa lalu, apapun itu bisa diminimalisir sehingga tidak mengurangi kualitas pekerjaan saat pekerjaan finishing.

Pemahaman yang Baik

Ketika kita berbicara dengan seseorang pasti kita selalu berharap orang yang diajak berbicara bisa paham dengan mudah. Tukang bangunan yang memiliki tingkat pemahaman yang tinggi dapat membuat pekerjaan cepat terselesaikan dengan baik dan berkualitas. Tukang bangunan dengan pemahaman yang bagus bisa terlihat ketika mereka kita ajak untuk berkomunikasi ataupun diskusi mengenai proyek tersebut, cepat menangkap dengan kemauan kita dan poin tambahan jika mereka mau memberikan masukan. Akan sangat bagus jika mereka langsung bisa menjelaskan secara detail soal material, metode kerja dan kerapian pekerjaan.

Harga Borongan Tukang Bangunan per Meter

Pengerjaan bangunan tahap flooring

Bertanggung Jawab

Seorang tukang bangunan diharuskan untuk bertanggungjawab atas pekerjaan mereka. Rasa tanggungjawab ini bisa dilihat dengan ketepatan waktu saat bekerja, kebersihan area pekerjaan saat menjelang jam pulang, dan kebersihan alat – alat yang mereka pakai dari kotoran seperti bekas semen, kompon dan debu – debu lainnya. Hal itu terkesan sepele memang, akan tetapi itu akan berefek juga ke hasil pekerjaan mereka.

Harga Borongan Tukang Bangunan per Meter

Pengerjaan tangga atau trap rumah

Cepat Tanggap

Tukang bangunan yang selalu cepat dalam merespon ketika dihubungi atau berkomunikasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan terutama dikala darurat, seperti terjadi kebocoran air karena hujan, air yang meluap karena lubang floor drain yang buntu, atau karena tetangga protes karena air merembes ke rumah mereka. Tukang yang bertanggungjawab adalah tukang yang mengawal pekerjaan mereka sampai benar – benar tuntas.

Keempat hal diatas tentunya akan berpengaruh terhadap harga harian ataupun harga borongan tukang bangunan per meternya. Seperti pepatah jawa yang bilang “ono rego, ono rupo” artinya “ada harga, ada rupa” atau kualitas.

Dilema Borongan Atau Harian

Saat mengawali proses pembaharuan maupun pembangunan rumah, Anda sudah harus memutuskan sistem pengerjaan serta pembayarannya. biasanya, terdapat sistem pembayaran tukang dengan sistem harian serta ada juga dengan sistem harga borongan bangunan. Pada sistem borongan, Anda bisa  menentukan  hanya  gaji tenaga saja ataupun justru borongan keseluruhan ( tenaga & material ).  Apabila pada sistem gaji Anda cuma membayar gaji tukang saja dan materialnya anda siapkan sendiri. Hal ini bisa digunakan untuk anda yang bermasalah dengan cashflow, maksudnya rumah dibangun secara partial, pondasi dulu mungkin, atau pondasi, dinding dan atap finishing belakangan, dll. Akan tetapi ini perlu pengawasan ekstra dari anda untuk belanja dan menjadwal pengiriman material agar rumah selesai sesuai jadwal, atau secara simple dengan menghire pengawas proyek berikut tim logistiknya. Atau jika anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk ikut mengawal pekerjaan anda cukup menghire kontraktor yang memang khusus atau spesialis membangun rumah.

Pada pola borongan keseluruhan harga upah tenaga dan bahan material diserahkan seluruhnya kepada tukang atau mandor. Meski menyerahkan pekerjaan keseluruhannya kepada tukang atau, Anda harus turut mengawasi hasil pekerjaannya bisa dengan spek material yang mereka pakai atau tingkat kerapian pekerjaan mereka. Hal ini mengingat tukang yang dibayar borongan bisa saja pekerjaannya akan terburu – buru diselesaikan tanpa memperhatikan kualitas pekerjaannya. Karena semakin singkat pekerjaannya maka profit / margin mereka akan semakin besar.

Dilihat dari sisi harga, biaya borongan pola upahnya saja akan lebih murah daripada sistem borongan utuh, karena kita bisa atur atau tentukan suplier bangunan yang sudah kita seleksi secara harga dan kualitas material. Berikut ini adalah beberapa contoh harga borongan tukang bangunan per meter saat ingin membangun atau melakukan renovasi rumah. Sebagai catatan, harga berikut adalah harga Borongan tenaga berdasarkan HSPK Pemerintah Kota Surabaya tahun 2019

Galian tanah (m3) – 120.000

Pemasangan batu kali (m3) – 380.000

Urugan tanah (m3) – 49.000

Pasang batu bata merah (m2) – 65.000

Plester (m2) – 74.000

Acian (m2) – 50.000

Pengecatan tembok (m2) – 15.000

Benangan (m) – 26.000

Rangka atap galvalume (m2) – 81.000

Pemasangan plafon gypsum (m2) – 88.000

Pemasangan keramik lantai 100×100 (m2) – 178.000

Harga Borongan Tukang Bangunan per Meter

Pengerjaan bangunan tahap finishing plafon

Nah, sekarang anda sudah mengetahui harga Borongan tukang bangunan per meter berdasarkan hitungan pemerintah karena acuan kami diatas memakai HSPK Surabaya tahun 2019. Namun biasanya harga yang ditawarkan oleh kontraktor swasta kurang dari harga tersebut, anda bisa memakai acuan harga diatas sebagai patokan harga yang paling mahal.

Namun banyak hal yang mempengaruhi tukang saat menentukan harga Borongan mereka, berikut adalah beberapa hal yang jadi pertimbangan harga Borongan tukang bangunan per meter.

Jauh dekatnya dari kos/bedeng

Biasanya mandor akan mengambil tukang dari luar kota, khususnya daerah jawa, karena tukang dari daerah jawa sudah terbukti kualitas dan ketekunannya. Untuk itu di area proyek akan dibutuhkan bedeng yang dibangun untuk tidur mereka di area proyek. Namun tidak semua proyek mengijinkan pembangunan bedeng ini, seperti contohnya di area perumahan. Maka untuk menyiasati hal itu mandor biasanya mencari kos yang tentunya dekat dengan proyek, semakin dekat semakin bagus yang tentunya akan berpengaruh ke harga Borongan mereka.

Sistem keamanan yang berlaku di area proyek

Hal ini sering terjadi pada proyek di area warehouse, pabrik dengan SOP kemanan yang super ketat. Kendaraan tukang harus ditaruh di dekat pos security dan tukang harus berjalan sejauh 1-2 km untuk mencapai area proyek, hal ini akan memakan waktu dan memakan jam kerja mereka, belum lagi sehabis berjalan segitu jauhnya mereka harus beristirahat selama 5-10 menit. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap harga Borongan mereka.

Banyak tidaknya waktu untuk lembur

Tukang bangunan dari luar kota akan sangat menyukai proyek dengan lemburan yang banyak. Karena mereka berangkat dari kampung benar-benar niat bekerja, karena sudah meninggalkan keluarga dirumah, akan lebih baik jika seluruh tenaga mereka digunakan untuk bekerja, hal ini bagus tentunya untuk mandor dan owner proyek sendiri karena pengerjaan akan lebih cepat.

Namun sayang sekali tidak semua proyek mengizinkan itu, ada Batasan waktu maksimal jam 5 sore harus sudah steril pekerja, atau bahkan mereka diharuskan libur di hari minggu dan tanggal merah lainnya. Hal ini tentunya juga jadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga Borongan tukang bangunan per meter.

Nah, setelah menyimak semua ulasan diatas apakah anda semakin paham? Atau malah semakin bingung? Tenang kami disini siap bantu mencarikan tukang untuk anda. Kami bisa carikan tukang untuk anda, pekerjaan skala besar maupun skala kecil seperti renovasi rumah, perbaiki bocor, ataupun servis plafon, dll. Kami siap menyuplai kebutuhan tukang anda khususnya di daerah Jakarta dan Surabaya. Tentunya negosiasi kami serahkan sepenuhnya kepada anda dan tukangnya langsung biar tidak ada makelar diantara kita.

Leave a Comment