Plafon merupakan salah satu bagian dari interior rumah yang diletakkan di bagian langit-langit.  Secara umum plafon berfungsi untuk menutupi  kontruksi atap dan instalasi kabel maupun pipa air didalam rumah. Plafon ini selain membuat rumah terlihat rapi, juga bisa membuat rumah lebih indah/estetis. Desain plafon sering di padu padankan dengan aspek interior lainnya seperti furniture, lantai dan dinding rumah. Tinggal pilih sesuai selera, apa mau yang minimalis atau mau yang klasik, atau semi klasik.

plafon, dome, ornamen, gypsum

Plafon gypsum

Plafon gypsum adalah salah satu dari berbagai jenis material plafon yang ada di pasaran.  Material ini masih sering digunakan terlepas dari semakin banyaknya jenis plafon lain yang ada di pasaran. Gypsum merupakan material yang terbuat dari casting atau bubuk gypsum yaitu bahan yang serupa dengan semen yang lebih lembut dan berwarna putih. Dilengkapi juga dengan roving sebagai penguat agar tidak mudah patah, bentuknya seperti serat2 pada benang. Jenis plafon ini kurang begitu cocok untuk ditaruh di area basah seperti di kamar mandi, tetapi anda bisa menggunakan jenis gypsum wet area. Gypsum ini  memiliki lapisan lilin didalamnya sehingga gypsum lebih kedap air dan akan tahan terhadap kelembaban udara.

Kelebihan Plafon Gypsum

Kelebihan plafon gypsum yaitu memiliki permukaan yang halus dan rapi. Plafon in juga mudah sekali dibentuk, ornamen-ornamen yang ada pada bangunan masa kini seringkali dibuat dari gypsum. Selain itu plafon gypsum dapat membuat ruangan lebih dinigin karena bahan gypsum dapat meminimalisir dan menyerap hawa panas didalam ruangan.

Pemasangan material ini cukup mudah, hanya tinggal potong sesuai ukuran dan disekrupkan ke rangka kayu ataupun baja ringan. Pemeliharaan material ini juga cukup mudah, apabila ada keretakan tinggal menempelkan kasa dan melapisinya dengan compound.

plafon, ornamen, gypsum

Ardon8art sebagai supplier ornamen untuk bangunan menyediakan berbagai macam pilihan ornamen untuk plafon dari bahan gypsum. Produk ornamen gypsum kami tentunya akan sangat cocok untuk rumah anda yang memakai konsep klasik. Kami menyediakan berbagai macam ornamen untuk rumah anda, ada lisplank, lis plafon, mahkota, pilar, dome, dan masih banyak lagi pilihannya.

Leave a Comment