Kebutuhan manusia akan keindahan ,  estetika dan seni ini membuat manusia mengenal ornamen bangunan , yang tercipta dari imajinasi mereka tentang keindahan di lingkungan sekitar mereka , seperti bunga, dedaunan , sulur – sulur tumbuhan di hutan . Manusia secara fitrah memang akan selalu tertarik kepada keindahan , maka dari itu mereka membawa keindahan ini ke istana / rumah mereka .

Kami menjual ornamen bangunan dengan harga dan kualitas terbaik. Siap melayani seluruh kota di Indonesia. Pesan segera ornamen bangunan dari kami, karena kami memproduksi sendiri ornamen kami.

Secara simpel, ornamen dapat disimpulkan sebagai aksesori atau detil yang ditambahkan pada suatu hal untuk mempercantik  hal itu. Dalam arsitektur dan desain interior, dia juga dapat dibuat dari beragam jenis material dan sistem, seperti ukir-pahatan batu dan kayu atau diciptakan dari tanah liat, semen, sampai gypsum.

Seni dekorasi ini sendiri mempunyai riwayat panjang dan penyebaran yang bervariatif hingga dia mempunyai banyak style dan macam desain. Sampai di zaman kekinian ini, ada bermacam opsi daya tarik ornamen yang terkenal di zaman klasik sampai kekinian yang disukai sampai sekarang ini.

Sejarah ornamen pada bangunan

Sejarah kapan ornamen bangunan ini mulai ada dan dikenal oleh manusia belum bisa dijelaskan . Karena sejak zaman purba pun manusia mulai membuat ornamen – ornamen atau ukiran – ukiran tentang kehidupan sosial mereka . Seperti gambar perburuan , cocok tanam , dan tata kehidupan sosial mereka .

Seiring dengan majunya peradaban manusia membuat seni ornamen ini semakin indah dan beraneka ragam bentuk dan jenisnya . Macam – macam bentuk ornamen ini biasanya adalah hasil dari sejarah , latar belakang , lingkungan alam , dan banyak faktor lain yang menentukan .

Ornamen Baroque 

Ornamen bangunan

Ornamen Gothic (ontarioarchitecture.com)

ornamen baroque berbentuk ukir-pahatan daun dan patung pada pilar

Ornamen ciri khas arsitektur Baroque terlahir di zaman Baroque, persisnya di akhir era ke-16 di Italia. Style Baroque populer akan eksploitasi wujud yang lebih menegangkan.

Kesan-kesan saat menyaksikan ornamen Baroque pada arsitektur bangunan ialah istimewa karena pembagian yang terlalu besar atau gigantisme yang disebut keunikan dari arsitektur yang berkembang di zaman Baroque . Maka, tidaklah aneh bila kamu mendapati pilar yang membubung tinggi dan besar atau pintu yang dibingkai dengan ukir-pahatan-ukiran yang tebal dan memiliki ukuran cukup fenomenal.

Ornamen Bizantium 

Ornamen Bangunan

Ornamen Bizantium (pxhere.com)

ornamen bizantium beragam warna pada gereja st petersburg rusia

Ornamen pada arsitektur Bizantium masih seperti style, skema, dan komponen-komponen arsitektur Romawi awalnya. Salah satunya keunikan yang bertahan dan kelihatan pada desain dari zaman Bizantium ialah macam hias geometris, tetapi direncanakan dengan komplikasi yang semakin tinggi.

Keunikan yang lain ialah kedatangan mosaik-mosaik sebagai alternatif ukir-pahatan sebagai komponen dekorasi. Walau tidak semewah dan sebesar seperti style Baroque, detil dari style Bizantium membuat mempunyai daya magnet yang tidak kalah atas arsitektur berpenampilan Baroque. Skema arsitektur yang mempunyai kekhasan Bizantium banyak diketemukan pada bangunan-bangunan tempat beribadah dan sampai sekarang ini, sering dipandang seperti ornamen yang mempunyai nilai kesakralan tertentu.

Ornamen Gothic 

ornamen bangunan

Ornamen Gothic (pinterest.com)

ornamen gothic pada arsitektur bangunan klasik dengan patung dan menara

Skema ornamen seterusnya yang masuk ke kelompok arsitektur klasik ialah style arsitektur Gothic. Keunikan dari Arsitektur Gothic ialah olahan gubahan wujud yang membubung tinggi ke atas.

Pemakaian patung yang membuat diorama sebagai keunikan yang paling gampang dijumpai pada ornamen yang memperoleh dampak dari style Gothic. Gereja Katedral di Jakarta sebagai salah satunya contoh bangunan yang mengaplikasikan style arsitektur Gothic.

Ornamen zaman Kekinian

Ornamen bangunan

Ornamen Modern (pinterest.com)

Masuk zaman saat perang dunia ke-2 , arsitektur alami banyak perubahan dan dampak-pengaruh pada memahami yang lebih kekinian mulai masuk mempengaruhi citra arsitektur saat itu, tidak lepas pada perubahan ornamen.

Saat itu, beberapa bentuk dasar dan ornamen yang mengaplikasikan konsep desain minimalis jadi lebih terkenal dan disukai. Ide “less is more” dan “form follows function” mulai go-international dan masih sering dijadikan kompas dari perubahan dunia arsitektur dunia sampai sekarang ini.

Itu beberapa skema ornamen yang menyebar di beberapa seluruh dunia pada era-era arsitektur yang lain. Walau lahir dan berkembang pada zaman yang lain, beragam style itu masih lumayan wajar dipakai sampai sekarang ini sesuaikan hasrat dan keperluan.

Ragam ornamen

Ornamen yang ada dan asli Indonesia tentunya akan sangat berbeda dengan ornamen yang ada di eropa . Di Indonesia sendiri , khususnya di pulau Jawa , banyak dijumpai ornamen – ornamen yang berbentuk tanaman tropis , seperti nanas , sulur – sulur kacang ,  bunga melati , dll . Sedangkan di Eropa sendiri khusunya di Italia akan dijumpai ornamen seperti daun achantus dan daun salam . Ini adalah salah satu faktor yang membuat ornamen akan berbeda – beda di tiap daerah .

Ornamen pada bangunan

Ornamen pada bangunan (pinterest.com)

Di dunia modern saat ini , ornamen – ornamen dari eropa ini lebih sering dijadikan referensi untuk rumah klasik di dunia , termasuk di Indonesia . Hal ini tak terlepas dari tingkat kedetailan dan ke presisian ornamen – ornamen dari eropa . Dan bisa juga karena kekuatan dunia barat yang terus – menerus menggaungkan budaya mereka termasuk ornamen pada bangunan melalui media seperti Film , komik , majalah , dll .  Namun tak sedikit juga orang Indonesia yang mencintai dan melestarikan ornamen asli dari Indonesia itu sendiri , hal ini banyak dijumpai di pulau Bali .

Ardon8Art sering melayani pelanggan yang menginginkan rumahnya dimiripakan atau menyerupai  bangunan – bangunan klasik Eropa maupun Amerika. Sebukan saja mana ornamen bangunan yang mau ditiru atau dijadikan referensi, apakah istana Buckingham di U K, dome Basilika di Italia, atau White House di U S , tinggal sebutkan saja maka akan kami sediakan mock up nya, tentunya dengan sentuhan – sentuhan khusus yang menjadi ciri khas atau style produk kami . Segera hubungi kami Ardon8Art via email ataupun Whatsapp .

1 Comment

  1. Rumah Klasik Eropa - on 22 Juni 2021 at 3:18 am

    […] khas eropa untuk menghias rumah para klien nya . Bahkan bisa dibilang lebih sering memakai konsep ornamen rumah klasik eropa daripada ornamen asli dari Indonesia itu sendiri . Ini adalah bukti bahwa […]

Leave a Comment