Rumah modern minimalis memang belakangan  ini menjadi tren dan juga jawaban akan kebutuhan rumah yang low energy dan low cost maintenance yang tentunya bertentangan dengan rumah klasik . Rumah klasik memang cenderung lebih mahal di penggunaan energi dan maintenance nya , akan tetapi hal ini tidak menjadikan konsep rumah  ini hilang peminatnya . Menurut kami rumah dengan konsep ini akan selalu diminati sampai kapan pun .

Seperti yang sudah sering penulis katakan di tulisan sebelumnya , rumah klasik bisa menggambarkan karakter dari yang punya rumah itu sendiri . Misalkan seperti ukiran perpaduan antara kolonial Belanda dan Jawa pada abad 17 , hal ini akan menggambarkan bahwa penghuni rumah tersebut adalah pecinta sejarah dan mempunyai sifat nasionalis . Atau ukiran – ukiran bernuansa Italia untuk pemilik rumah yang menyukai bangunan – bangunan dan sejarah Romawi kuno .

Rumah klasik juga bisa dipadukan dengan konsep modern minimalis . Bisa dengan menambahkan aksen minimalis pada atap , atap skandinavia misalnya , atau bisa juga menambahkan aksen tali air di lis profil ada di plafon .

Bisa juga dibuat konsep klasik tetapi open space, misalkan dengan menambahkan ornamen di dinding yang tingginya delapan meter yang menghadap ke selatan atau ke utara , sehingga ornamen akan terlihat indah saat disorot matahari .

Berikut ini penulis mencoba mengulas / mereview  desain – rumah yang bertebaran di internet, khususnya di pinterest.com .

Balkon Rumah Klasik Setengah Lingkaran

Seperti yang ada pada gedung – gedung pemerintahan di dunia , balkon klasik setengah lingkaran ini mempunyai nuansa tersendiri saat di pandang, terlihat gagah namun tidak kaku . Dipercantik dengan diletakkannya kolam renang di depan, disertai kursi – kursi cantik dimana kita bisa berkumpul dengan keluarga , sahabat , atau teman bisnis kita .

Rumah klasik

pinterest.com

Jendela Setengah Lingkaran

Jendela ataupun pintu setengah lingkaran akan sangat mempertegas konsep klasik pada rumah anda, apalagi kalau ukurannya sangat besar . Siapapun tamu nya , hanya dengan melihat rumah ini , maka akan langsung respect kepada pemiliknya , meskipun belum bertatap muka sama sekali .

Rumah Klasik

pinterest.com

Aksen Atap Perisai yang Unik

Seperti yang penulis katakan diatas , rumah klasik akan sangat unik dan berbeda  dengan rumah lainnya , seperti contoh berikut , aksen pada atap perisai bagian jurai luar yang melengkung kedalam ini menjadikan rumah ini sangat unik dan berbeda dengann yang lain . Pilar yang biasanya dibuat setinggi delapan meter, disini hanya  dibuat 4 meter tetapi cukup menambah estetika rumah ini . Pagar superbesar yang dipenuhi dengan ornamen semakin mempertegas konsep klasik pada rumah ini .

Rumah Klasik

pinterest.com

Lis Profil Sederhana Namun Tegas

Tak perlu ornamen yang terlalu rumit untuk menjadikan rumah ini berkonsep klasik .  Rumah dengan gaya American Classic ini bisa menggambarkan pemilik rumah yang tegas, disiplin dan teratur . Paling tidak itu yang penulis rasakan .

Bisa dilihat rumah ini hanya mengandalkan beberapa jenis lis profil beton dan benangan di beberapa area . Tetapi hal itu cukup untuk membuat rumah ini berkarakter / unik .

Rumah klasik

pinterest.com

Semoga tulisan diatas bisa memberikan anda gambaran atau referensi untuk menentukan konsep rumah yang anda idamkan . Jangan lupa untuk mengontak kami Ardon8Art untuk membuat ornamen yang anda perlukan untuk rumah anda . Silakan cek halaman produk untuk melihat ornamen seperti apa yang telah kami produksi .

Leave a Comment