Begitu banyak aneka karpet yang beredar di pasaran baik motif ornamen, warna, dan bahan yang dipakai. Hal ini tentunya cukup memusingkan untuk memilih karpet mana yang cocok untuk ruangan anda.

Aneka Karpet Berdasarkan Pola Atau Gambarnya

Aneka pola karpet secara garis besar terdiri dari dua macam, yaitu ornamen klasik dan kekinian atau modern. Untuk pola klasik, umumnya mengarah pada beberapa jenis karpet Persia dengan hiasan dan ornamen-ornamen cantiknya yang unik. Lebih mengarah ke ornamen bunga maupun pattern tertentu dengan nuansa klasik yang memberi kesan-kesan lebih classy, menawan dan eksklusif.

aneka karpet

Karpet klasik (emmarlin.com)

Dan untuk karpet modern minimalis cenderung lebih mengutamakan selera kekinian yang sedang trend saat ini, dengan peraduan garis-garis dan beberapa warna yang lebih kekinian dan cenderung polos dengan warna-warna yang lebih soft. Dan tentunya karpet modern akan lebih fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai macam ruangan. Ada banyak aneka karpet modern yang ada di pasaran beberapa diantaranya adalah karpet jenis 3D dan karpet Rainbow.

aneka karpet

Karpet minimalis modern (clearhalo.com)

Karpet tipe 3D sebagai opsi yang pas untuk anda yang ingin membuat desain rumah jadi lebih cantik. Dibuat berbahan pilihan dengan titik pertemuan yang padat dengan tebal sampai 10mm, yang serupa dengan karpet sajadah mushola premium, telapak kaki anda akan berasa semakin nyaman saat bertumpu di atasnya. Sebagai opsi yang pas karena pola minimalisnya yang simpel dan tidak terlampau nyentrik tetapi lebih terlihat cantik.

Sedangkan tipe karpet Rainbow mempunyai beragam warna yang serasi dan akan membuat ruang anda kelihatan lebih fresh, jauh dari kesan-kesan menjemukan dan suram. Disokong dengan tebal sampai 13mm, membuat Rainbow Carpets kami benar-benar tebal dan empuk. Membuat anda makin nyaman menghabiskan waktu di atasnya, bagus untuk jadi alas tidur, duduk atau dipijak.

Aneka ragam karpet berdasarkan bahan pembuatannya

Memilih karpet yang cocok dengan selera dan kebutuhan untuk rumah anda tentunya akan sangat memusingkan. Karena banyak sekali dijumpai aneka karpet di pasaran dilihat dari jenis bahan, corak dan warnanya. Berikut ini kami berikan beberapa info tentang jenis-jenis aneka karpet di pasaran berdasarkan bahannya.

Tidak ada yang lebih memanjakan kaki seperti permukaan karpet bulu yang lebut di ruang tidur atau ruangan keluarga. Menawarkan kehangatan di atas lantai keramik atau lantai kayu, kehadiran karpet bukan hanya memanjakan kaki anda, tetapi satu sisi menambahkan sentuhan menarik pada rumah anda.

Ada beragam jenis bahan pembuatan karpet, dan semua dibuat dengan masing-masing sifat ketahanan dan tingkat kelembutannya. Dua hal itu jadi hal pokok yang perlu Anda pikirkan setiap akan membeli  karpet baru untuk menghias lantai di tempat tinggal Anda.

Dan untuk memulai pencarian anda untuk karpet berkualitas, ketahui beberapa bahan karpet pada umumnya diseuaikan dengan sifat bahan, fungsi dan ketahanannya. Untuk karpet dengan bulu panjang, semakin panjang bulu-bulunya, maka akan semakin lembut saat dipijak. Sementara karpet dengan bulu-bulu pendek, lebih tahan lama dan aman ditempatkan di ruang yang sedikit lembab.

Karpet Berbahan Wol

aneka karpet

Karpet berbahan wol (flooringsuperstore.com)

Bila dibandingkan dengan seluruh bahan untuk permadani, wol menawarkan gabungan di antara ketahanan yang baik namun kehalusannya juga oke. Karpet wol benar-benar pas ditempatkan di ruangan tamu, ruangan keluarga, kamar makan dan ruang tidur.

Adapun keunggulan permadani dari wol ialah serabutnya yang mampu tegak lebih lama, bahkam walau ditempatkan pada ruangan dengan aktivitas yang padat. Anda juga tidak perlu dipusingkan dengan noda dan cipratan air yang tidak sengaja jatuh ke permukaannya. Karpet wol benar-benar unggul dalam mempernyerap kelembapan, tetapi gampang pudar warnanya jika sering terkena paparan cahaya matahari. Untuk itu sebaiknya jangan menaruh karpet berbahan wol di teras rumah.

Karpet berbahan katun

aneka karpet

Karpet berbahan katun (sofiahstore.com)

Selain lebih tahan lama dan mudah dibersihkan, karpet katun memiliki tekstur yang nyaman saat dipijak. Meskipun secara visual karpet jenis ini kurang terlalu menimbulkan kesan mewah, karpet ini masih layak dijadikan pilihan untuk menghiasi ruangan di rumah anda. Anda bisa menempatkan karpet tipe ini di dapur, ruangan keluarga, ruangan tamu dan kamar bermain anak.

Bila Anda cari tipe karpet yang memiliki durabilitas atau ketahanannya tinggi untuk menutupi lantai di ruang dengan aktivitas yang padat, karpet berbahan katun adalah pilihan terbaik. Walau tidak memberi sentuhan kemewahan, tetapi Anda masih tetap rasakan kehalusan dari permukaan karpet ini. Dan kelebihannya ialah gampang sekali dibersihkan. Bahkan Anda bisa menggunakan mesin untuk membersihkannya.

Karpet bahan sintetis

aneka karpet

Karpet sintetis (wayfair.com)

Untuk opsi karpet bulu berkualitas yang hendak Anda tempatkan di luar ruang, karpet sintetis ialah yang terbaik. Selain ketahanan bahan dari karpet ini yang bagus, karpet ini lumayan terjangkau harganya.

Mempunyai tekstur yang lembut, Anda akan mendapatkan suasana hangat dari karpet ini. Seperti halnya dengan bahan katun, jenis karpet ini juga memililki ketahanan yang tinggi, maka akan cocok pula ditaruh di area dengan aktivitas yang padat seperti didepan pintu masuk, lorong, dan juga teras, karpet sintetis memiliki keunggulan mudah dibersihkan dari noda dan juga cipratan air. Anda juga tidak perlu khawatir soal kelembaban dankarpet ini juga tahan terhadap paparan sinar matahari, sehingga warnanya akan bertahan lebih lama.

Karpet bahan sutra

aneka karpet

Karpet berbahan sutra (wayfair.com)

Tidak ada yang mampu mengalahkan kemewahan dari karpet sutra. Bahan yang ini memang menawarkan kelembutans maksimal. Tempatkan karpet mewah ini dalam ruang tidur Anda untuk membuat situasi intim di dalam kamar.

Karena dibuat dengan bahan yang extra halus dan lembut, seharusnya Anda tidak menempatkan karpet sutra di ruangan dengan tingkat aktivitas yang tinggi. Karpet yang dibuat dari sutra ini memberi kehalusan dan sentuhan alami yang tak tertandingi, menjadikan karpet ini bagus untuk berbagai macam gaya / style. Tetapi kekurangan dari karpet jenis ini ialah sangat rentan terhadap kelembapan dan juga beresiko aus.

Karpet bahan bulu / kulit hewan

aneka karpet

Karpet berbahan bulu/kulit binatang (wayfair.com)

Mencaru style unik yang bernuansa bulu atau kulit hewan sebagai karpet di salah satu ruang di tempat tinggal Anda? Karpet dari bulu-bulu atau kulit domba menjadi opsi terpopuler untuk jadi karpet dengan struktur lembut yang memanjakan.

Tetapi sama dengan karpet sutra, seharusnya karpet dari kulit atau bulu-bulu domba ini ditempatkan di ruang dengan tingkat aktivitas yang rendah. Teksturnya yang lembut dan halus ini bisa membuat sentuhan kemewahan dalam ruangan. Sayangnya ealaupun karpet dari kulit ini gampang dibersihkan, tapi karpet jenis ini sangat peka terhadap kelembapan. Penempatan karpet jenis ini haruslah pada tempat yang selalu kering, seperti ruang tamu dan ruang kerja.

Itulah beberapa aneka karpet yang beredar di pasaran berdasarkan jenis bahan, sifat dan fungsinya. Untuk selanjutnya kembali lagi kepada kebutuhan anda terhadap ruangan yang akan ditaruh karpet diatasnya. Semoga artikel diatas dapat membantu anda untuk lebih jeli dan teliti sebelum membeli karpet. Jangan lupa ikuti sosial media kami untuk mendapatkan update artikel dari kami.

Leave a Comment