Tak dapat dipungkiri bahwa lisplang adalah elemen penting dalam rumah klasik, tak hanya sebagai peran estetika, lisplang juga memiliki peranan yang lain yaitu peran kontruksi.

Meskipun harganya relatif murah lisplang mempunyai peranan penting dalam seni rumah klasik. Lisplang tak kalah pentingnya dengan mahkota dan pilar. Dan pemilihan bentuk lisplang itu sendiri juga sangat perlu kehati – hatian agar bisa menyatu dengan konsep rumah yang diinginkan. Pemilihan bentuk lisplang yang terlalu ramai ornamennya akan membuat rumah malah kelihatan norak dan berlebihan. Dan kalaupun terlalu sederhana juga akan membuat tampilan rumah terkesan kaku. Namun itu semua tergantung pada konsep rumah yang ingin dibangun. Disinilah peranan arsitek sangat penting adanya.

Lisplang yang bagus adalah lisplang yang sesuai dengan konsep rumah. Kalaupun konsep rumahnya minimalis semi klasik, maka bisa pilih bentuk lisplang yang tidak terlalu ramai ornamennya. Berbeda halnya jika konsep rumahnya tradisional, misalkan khas bali, jawa, dayak, dll, maka pemilihan bentuk lisplang haruslah yang ramai ornamennya.

Harga lisplang

Kami menyediakan jasa pembuatan dan pemasangan lisplang dari bahan GRC, khususnya untuk rumah dengan konsep klasik. Berbekal pengalaman lebih dari sepuluh tahun kami percaya diri produk kami adalah yang terbaik. Harga lisplang yang kami produksi relatif terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 255.000 / m. Berikut ini adalah beberapa lisplang produksi kami:

Lisplang adalah
Lisplang adalah
Lisplang adalah
Lisplang adalah bagian penting

Mengenali lisplang dan peranannya

Lisplang adalah bagian bangunan yang bermanfaat untuk percantik rumah dan berfungsi menutup tepi atap biar terlihat lebih rapi. Sehingga penggunaan lisplang ini akan membuat rumah kelihatan lebih rapi saat memandangnya dari arah bawah. Selain itu, sisi rumah ini umumnya sering disebut juga dengan nama papan tepi. Perannya ialah supaya sisi pinggir rangka atap terlindungi oleh dampak panas matahari dan hujan.

Sayangnya lisplang ini sering tidak menjadi perhatian pemilik rumah karena dianggap kurang begitu penting. Meskipun sesungguhnya perannya sangat pentinguntuk rumah. Berikut ialah fungsi lisplang jika dilihat dari konstruksi dan nilai seninya, diantaranya:

Lisplang adalah bagian penting

cgastoneworks.com

Fungsi lisplang dari segi kontruksi

Dari segi konstruksinya, lisplang ini bermanfaat untuk membuat rigid / kaku susunan balok di sebelahnya. Penggunaan lisplang ini akan membuat perkuatan pada balok itu sendiri, sehingga balok akan lebih kuat terutama saat terkena beban menyamping.

Penggunaan lisplang pada rumah akan melindungi komponen bangunan lain dari terpaan air hujan dan panas di sisi dalam nya, seperti balok dan rangka plafon. Hingga dapat terbebas dari semua jenis kerusakan akibat dari air hujan dan cahaya matahari. Karena saat hujan datang, airnya kemungkinan tidak langsung jatuh begitu saja. Akan Tetapi dapat merembes melalui atap.

Fungsi lisplang dari segi estetika / seni.

Lisplang akan membuat fasad rumah kelihatan rapi dan akan lebih memiliki nilai seni. Oleh karena itu lisplang kerap dikatakan sebagai aksesori rumah agar rumah terlihat lebih manis. Tetapi proses penempatannya tidak boleh asal – asalan dan harus terkonsep ketinggian dan lebarnya supaya sesuai konsep rumah.
Pemakaian lisplang ini bisa disesuaikan dengan konsep rumah, karena sudah banyak diluar sana jenis lisplang dengan beragam ornamennya. Misalkan jika ingin membuat rumah tradisional, bisa kita pilih lisplang dengan ornamen – ornamen atau motif tradisional. Trik untuk mengaplikasikannya yaitu dengan menambah ukir-pahatan yang khas rumah tradisional.

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa kita tidak bisa mengesampingkan fungsi lisplang pada bangunan, karena tidak hanya menambah nilai seni pada bangunan namun juga bisa berfungsi membuat rigid / kaku bangunan itu sendiri. Dan tak kalah pentingnya kita harus teliti dalam memilih bentuk lisplang agar sesuai dengan konsep rumah yang kita idamkan.

Leave a Comment