Kedai kopi nggak cuma tempat buat minum kopi lagi. Sekarang, dia udah jadi semacam panggung buat nongkrong, kerja, atau sekadar ngobrol ringan. Untuk itu diperlukan desain kopi sederhana dan outdoor lebih baik untuk menciptakan suasana yang lebih privasi dan santai. Nah, kalo lo mikirin buat buka kedai kopi sendiri, ada beberapa langkah sederhana yang bisa lo ikutin. Simak terus, ya!

Desain kedai kopi sederhana outdoor

Langkah Membangun Kedai Kopi

a. Pilih Lokasi dengan Bijak

Langkah pertama, cari lokasi yang pas. Pilihlah tempat yang strategis, dekat dengan kantor atau kampus bisa jadi pilihan yang oke. Perhatiin juga sekitarnya, jangan sampai pesaing udah pada nongol duluan.

b. Kenali Target Pasar

Siapa target pasar lo? Mahasiswa yang suka nongkrong? Pekerja yang butuh tempat kerja yang asyik? Atau para pecinta kopi sejati? Kenali dan sesuaikan desain dan menu dengan selera mereka.

c. Rapihin Konsep Bisnis

Buat konsep bisnis yang jelas. Apa yang mau lo tawarin? Kopi spesial dengan biji kopi pilihan? Atau maybe suasana santai yang bikin orang betah? Semua harus nyambung dan sejalan.

d. Bikin Desain Kedai yang Simpel Tapi Bikin Betah

Desain nggak harus ribet. Kadang, yang simpel malah lebih menarik. Pilihlah furnitur yang nyaman dan warna-warna yang bikin rileks. Buatlah ruang yang bisa bikin orang betah untuk lama-lama tinggal.

e. Gak Lupa, Ngarang Nama yang Keren

Nama kedai kopi itu penting, bro! Ngarang nama yang keren dan gampang diinget. Biar orang gampang nyari dan inget pas mau ngajak temen.

f. Promosi di Medsos

Jangan lupa promosiin kedai lo di media sosial. Bikin akun Instagram, Twitter, atau Facebook buat kedai lo. Upload foto-foto kece dan menu-menu yang jadi andalan.

Apakah Usaha Kedai Kopi Menjanjikan?

Beneran, Dong, Usaha Kedai Kopi itu Worth It?

Gak bisa dipungkiri, bro, bisnis kedai kopi itu menjanjikan banget. Kopi sekarang udah jadi gaya hidup. Orang-orang suka cari tempat yang enak buat ngopi sambil santai. Kalo lo bisa kasih suasana yang beda, pasti banyak yang penasaran dan mau nyobain.

Kenapa Orang Suka Kedai Kopi?

Alasan orang suka kedai kopi bermacam-macam. Ada yang suka karena kopi spesial dengan varian biji yang keren. Ada juga yang suka suasana yang nggak ketat kayak kafe pada umumnya. Nah, kalo lo bisa ngegabungin dua elemen itu, bakal jadi daya tarik buat pelanggan.

Tantangan dalam Bisnis Kedai Kopi

Tentu, nggak semua berjalan mulus. Ada tantangan yang mesti dihadapi. Persaingan antar kedai kopi misalnya. Makanya, riset pasar itu penting banget. Kenali pesaing, tahu kelebihan dan kekurangan mereka, biar lo bisa lebih unggul.

Kedai Kopi Pertama Dibuka Tahun Berapa?

Gelombang Kopi di Abad ke-15

Gak percaya kalo kedai kopi udah ada sejak abad ke-15? Iya, bro, sejak zaman Ottoman di Istanbul, Turki, tepatnya. Namanya Kiva Han. Jadi, ngopi itu udah jadi tren lama banget, ya?

Perjalanan Kopi ke Eropa dan Dunia

Dari Istanbul, minuman hitam ini ngejangkau Eropa dan akhirnya ke seluruh dunia. Di Eropa, kopi jadi minuman elit yang banyak dinikmati di kedai-kedai keren. Sedangkan di Amerika, kedai kopi jadi tempat nongkrong dan berkumpul yang asyik.

Revolusi Kopi dan Perkembangan Kedai Kopi Modern

Seiring berjalannya waktu, industri kopi terus berkembang pesat. Kopi nggak cuma jadi minuman, tapi udah jadi gaya hidup. Kedai-kedai kopi modern dengan desain keren pun bermunculan, menciptakan pengalaman ngopi yang lebih dari sekadar minum kopi.

Desain kedai kopi sederhana outdoor dengan Ukuran 15m x 20m

Nah, berikut ini adalah salah satu desain kedai kopi sederhana yang bisa lo pakai untuk memulai bisnis kedai kopi lo.

Kedai kopi ini memiliki luas lahan 15m x 20m dengan luas bangunan atau area indoor nya sebesar 7m x 7m. Jadi bisa dibilang area outdoornya lebih luas, dengan area outdoor yang lebih luas akan membuat pengunjung merasa lebih punya privasi saat ngobrol dengan teman mereka.

Desain kedai kopi sederhana outdoor
Kedai kopi saat senja

Konstruksi bambu

Kedai kopi ini memakai bambu sebagai konstruksinya, kenapa? Karena dengan begitu akan membuat kedai kopi ini lebih unik dan berbeda dengan kedai kopi lainnya. Kalau pun kedai kopi kita tidak lebih baik dari yang lain, paling ga kedai kopi kita berbeda dengan yang lain sehingga pengunjung akan lebih ingat dengan kedai kopi kita. Selain itu bambu adalah material yang sustainable dan ramah lingkungan.

Konstruksi memakai bambu diameter 10cm dan dirangkap 4 sebagai kolom utama dan dirangkap 6 sebagai kolom variasi fasad depan dan belakang. Balok kuda – kuda juga memakai bambu dengan diameter 10cm rangkap 1. Balok gelagar memakai bambu diameter 10cm rangkap 2 yang menumpu pada konstruksi dinding.

Desain kedai kopi sederhana outdoor
Konstruksi bambu kedai kopi

Baca juga => Jasa Desain Taman Murah

Dinding bata ringan

Seperti yang sempat disinggung diatas, selain memakai konstruksi bambu, kedai kopi ini juga memakai dinding bata ringan, selain berfungsi sebagai dinding, bisa juga membantu menopang konstruksi bambu itu sendiri.

Dua lapis atap

Nah, ciri khas lain dari kedai kopi adalah dia memakai dua lapis atap. Seperti yang terlihat pada gambar, atap yang diatas menumpu pada kolom bambu, dan atap bawah menumpu pada dinding bata ringan. Dengan demikian, pengunjung ketika masuk kedalam kedai kopi akan dimanjakan dengan rangkaian konstruksi bambu yang tertata rapi dan sedap dipandang. Untuk menambah kesan estetis diantara rangka bambu juga bisa dipasang aneka lampu sorot atau spotlight sesuai dengan selera lo. Dan atap nya sendiri memakai spandek berpasir warna coklat disesuaikan dengan tone warna bambu.

Fasad

Daya Tarik lain dari kedai kopi ini adalah di area fasad, fasad depan maupun belakang. Fasad ini dihiasi dengan rangkaian kolom bambu rangkap 6 yang diletakkan di samping kiri dan kanan fasad bangunan. Dinding di finish menggunakan batu alam andesit, terdapat kusen lengkung yang lumayan besar yang bisa menambah daya Tarik dari kedai kopi ini. Di spot ini lah yang kemungkinan bisa jadi daya Tarik pengunjung untuk melakukan selfie dan mengunggahnya di media sosial.

Desain kedai kopi sederhana outdoor
Tinggi kedai kopi

Baca juga => Desain warkop bambu 2x2m

Area outdoor

Tak kalah dengan bagian indoor, area outdoor juga memiliki daya Tarik tersendiri. Area outdoor didesain dengan menaburkan batu pecah atau kerikil sebagai finishingnya, selain lebih murah, dengan cara ini air hujan akan langsung bisa meresap kedalam tanah dan meminimalkan resiko banjir.

Di area outdoor juga bisa ditanam pohon yang paling pasaran dipakai disemua kedai kopi, yaitu pohon Ketapang kencana. Pohon ini memiliki kelebihan ukuran batangnya yang kecil namun dahannya menjuntai lebar sehingga bisa membuat suasana kedai kopi outdoor lebih teduh di siang hari.

Supaya lebih estetis lagi diatas area outdoor ini dipasang instalasi rangkaian lampu bohlamp untuk membuat suasan malam di kedai kopi ini lebih syahdu. Tak lupa di area pojok kedai kopi ini didesain sebuah panggung mini berukuran 3m x 3,5m yang bisa dipakai untuk musisi perform. Sehingga kedai kopi lo akan lebih meminat para pengunjung.

Jadi, itulah sedikit cerita tentang desain kedai kopi sederhana outdoor. Buat lo yang mau buka usaha, semoga artikel ini bisa jadi inspirasi buat ngebangun kedai kopi yang keren dan bikin betah para pengunjung. Yuk, gaspol, buka kedai kopi yang bikin hepi! Dan kalo lo tertarik dengan desain kedai kopi ini bisa menghubungi kami.

Leave a Comment